Cara Mereset mikrotik

Written By TOP on 11 Maret 2014 | Selasa, Maret 11, 2014

Salah satu Hal yang menyebalkan adalah lupa password mikrotik, mungkin karna anda adalah second user atau memang tidak tau passwordnya sama sekali , ini sering terjadi sehingga kita tidak bisa masuk ke halaman winbox mikrotik dan melakukan konfigurasi mikrotik. lalu bagaimana cara reset mikrotik agar bisa di gunakan kembali ?

1. Cara pertama
masuk ke console dan melakukan perintah
/system reset
nanti ada pertanyaan apakah benar kita mau mereset, tinggal jawab Y(es) aja.
dengan perintah diatas maka mikrotik kita akan di set konfigurasi default yang biasanya port ether2 dikasih dhcp dengan ip 192.168.88.1/24

kadangkala konfiguasi default itu justru mengganggu untuk konfigurasi kita kedepannya. saran saya sih dibuang aja tuh konfigurasi dasar. Cara membuangnya adalah kalau kita sudah terlanjur melakukan reset dengan cara diatas, nanti pada saat kita masuk lewat winbox ada pop-up apakah kita akan membuang konfigurasi awal tadi atau tidak. cara kedua agar pada saat kita reset tidak membuat konfigurasi awal, perintanya adalah
/system reset-configuration no-default=yes
2. Cara Kedua
Cara kedua adalah dengan menekan tombol reset. Silakan cari tombol reset karena masing2 routerboard berbeda-beda tempatnya namun biasanya ada lubang kecil di routerboard dan harus ditusuk menggunakan alat karena tidak bisa langsung dengan jari, biasanya saya menggunakan ujung pulpen untuk menusuknya, namun hati2 dalam menusuk jangan terlalu kuat karena tombolnya rentan. Perlahan saja namun rasakan bunyi “tek” karena tombol sudah tertekan. Banyak pemula yang karena keras menekannya sampai tombolnya copot. Cara meresetnya adalah telan tombol reset dan jangan dilepas, terus cabut dan pasang powernya sehingga routerboard menyala. tunggu beberapa saat hingga lampu berkedip-kedip. Setelah itu restart routerboard.

2. Cara Ketiga
Bila kedua cara diatas tidak berhasil, cara ketiga adalah harus membuka chasing dan melakukan jumper. Cari di pcb routerboard lempeng kuningan bernbentuk lingkaran namun terpotong seolah 2 setengah lingkaran yang berhadapan. Tinggal tekan dengan obeng atau benda penghantar lain agar kedua setengah lingkaran itu terhubung.
Demikian info seputar reset mikrotik semoga mengerti dan bermanfaat.


tutorial-mikrotik-lengkap.blogspot.com
Tutorial Belajar Mikrotik Lengkap
Blog, Updated at: Selasa, Maret 11, 2014

0 comments:

Posting Komentar