Cara membatasi Bandwith untuk website tertentu dengan Mikrotik

Written By TOP on 05 Juni 2014 | Kamis, Juni 05, 2014

Halo , bertemu lagi di tutorial mikrotik , kali ini kita akan sharing tentang cara membatasi bandwith untuk website website tertentu dengan mikrotik

Bandwidth per link mungkin bisa disebut juga setiap client yang terkoneksi ke jaringan diberi bandwidth yang sama contoh dengan di setting 512k jadi setiap client yang terkoneksi mendapat 512k.
Bandwidth per website berarti website tersebut hanya bisa diakses dalam batas bandwidth tertentu. Contoh untuk facebook disetting 1 MB,jadi facebook hanya bisa diakses tidak lebih dari 1 MB jika sudah penuh maka akan terasa lambat.
Lumayanlah biar bandwidth tidak terlalu boros dalam pemakaian sehari-hari dan setiap client bisa mendapatkan kecepatan bandwidth yang sama.
Step-step:
1. Login ke Mesin Mikrotik yang akan disetting queue menggunakan WinBox.
2.Jika sudak login mikrotik via winbox, pilih ip firewall


















3. Kemudian pilih tab Mangle. Mangle berfungsi untuk menandai paket,routing maupun koneksi. Jadi kita akan menandai paket mana yang akan dibatasi yaitu dengan mark-connection kemudian mark-packet.
Pilih add (+) untuk menambahkan rule yang baru.











4. Pilih tab General. Isi chain dengan forward.







5. Kemudian pilih tab action, Isi action dengan mark connection dengan nama bw-limit-con, klik OK.








6. Setelah itu kita buat mark packet yang akan dibatasi. Di tab mangle klik lagi add (+).
Di general pilih chain dan isi dengan forward, pilih juga connection mark yang diisi dengan connection mark yang sudah dibuat sebelumnya yaitu bw-limit-con.





















7. Pilih tab action dan pilih mark packet dan beri nama bw-limiter, Ok.







8. Pilih menu Queue












9. Pilih Queue Types untuk membuat rule untuk aturan besar bandwidth contoh untuk download dan upload diberi 512k per-link.
Klik add (+) untuk membuat rule





10. Beri nama queue type ini download dengan kind pcq dan rate 512k. Untuk download di bagian classifier pilih Dst.Address, Ok.
Metode PCQ (Per Connection Queue) prinsipnya membagi bandwidth secara seimbang perkoneksi. Jadi bandwidth yang diberi pada setiap client sama. Contoh disini per client/koneksi mendapat 512k.









11. Kemudian nama queue type ini upload dengan kind pcq dan rate 512k. Untuk download di bagian classifier pilih Srt.Address, Ok.









12. Setelah itu di menu queue pilih tab simple queue. Pilih add (+) untuk membuat rule simple queue yang baru





13. Di tab general diberi nama bw-512 kemudian time pilih hari kerja saja yaitu monday, tuesday,wednesday,thursday,friday jadi rule ini hanya berfungsi saat hari kerja saja.














14. Kemudian di tab advanced isi  mark packet dengan mark packet yang sebelumnya dibuat yaitu bw-limiter. Pilih all untuk interfaces yang akan dibatasi. Di bagian Target Upload dan Target Download pilih queue type yang sudah dibuat diatas yaitu paket upload dan download yang sudah diset ratenya 512k, OK.














Konfigurasi untuk pembatasan bandwidth per-link sudah berhasil, untuk melihat paket yang sudah dibatasi bisa dilihat di simple queue yang telah dibuat, kemudian pilih tab statistic dan traffic. Jika ada paket yang masuk berarti konfigurasi berjalan dengan baik.































Kemudian jika kita ingin spesifik membatasi bandwidth untuk akses website tertentu, kita perlu memasukan ip address dari website tersebut atau bisa kata yang mengandung website.
1. Pilih menu Ip Firewall, kemudian pilih tab address list dan klik add (+).





2. Masukkan nama dan Ip Address dari website tersebut. Name disini untuk mengelompokan Ip Address yang akan dibatasi.
Untuk melihat ip address dari suatu website bisa dengan mengetikan perintah nslookup di command prompt contoh nslookup http://www.facebook.com .









3. Masukkan semua Ip address atau network dari website tersebut.





4. Kemudian masuk ke mangle. Settingan rule  sama seperti diatas saat membuat connection mark dan mark packet hanya di tab advanced di tambahkan menu Src.Address List dan Dst.Address List. Isi Src.Addrest List dan Dst.Address List dengan address list yang telah kita buat sebelumnya yaitu fb.








5. Selain dengan address list bisa juga di mangle dengan content paket website tersebut.










Konfigurasi tambahannya hanya di Mangle itu saja, konfigurasi selanjutnya sama seperti yang diatas. Settingan queue seperti biasa saja gak perlu pakai PCQ.
Demikian ilmu hari ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang sangat membutuhkan.


Jika anda menginginkan TUTORIAL MIKROTIK LEBIH LENGKAP LAGI DENGAN BAHASA INDONESIA, ANDA BISA BELAJAR DISINI (KLIK DISINI)



Tutorial Belajar Mikrotik Lengkap
Blog, Updated at: Kamis, Juni 05, 2014

1 comments:

Posting Komentar